Assalamu'alaikum

Welcome to my blog .. Have fun and enjoy with my blog (^_^)

Rabu, 17 Juli 2013

Coretan Saat Magang Tahun Ke-2

Selasa pagi yang cukup cerah.. Hari ini saya akan melakukan aktivitas di salah satu Rumah Sakit Swasta di Kota Bandung. Rumah Sakit Rajawali..
Mulai tanggal 16 juli sampai 31 juli saya magang di RS itu. Yap, seperti tahun lalu saya mengisi hari liburan semester dengan magang..  Kali ini hanya 2minggu magangnya dan disaat bulan puasa full..

Dan magang kali ini berbeda dengan magang di tahun lalu. Kali ini saya tak sendiri, saya ditemani oleh 13 orang teman dari kelas Keperawatan Tingkat II-A. Ada Erma, Mba Nunung, Rabbani, Nenden, Santy, Sinta, Zilla, Rizki, Shandy, Ikhsan, Yusuf dan M.Esya..
Wiih, kali ini ternyata banyak teman teman yang ikut menemani saya magang. Berarti syukur Alhamdulillah kali ini saya tidak kesepian seperti magang di tahun lalu..  :D

Perjuangan untuk magang kali ini memang lebih LUARR biasa dibanding tahun lalu. Mulai dari proses pengajuan surat pengantar magang, sahur, buka puasa, berangkat dinas, sampai pulang dinas pun perjuangannya luar biasa..

Masih ingat di tahun lalu, saya berangkat dinas pagi dari rumah subuh-subuh jam 06:00 lebih Pulang Pergi bawa motor..
Dan tahun ini perjuangan saya untuk bertahan hidup memang luar biasa. Diam di Asrama dengan sembunyi-sembunyi tanpa bayar uang asrama bulanan karena meskipun saya hanya tinggal di asrama 2 minggu dan harus bayar full penuh. Ya akhirnya saya dan teman kamar saya membuat taktik untuk bayar berdua dan sembunyi-sembunyi. Memang sedikit picik, tapi ya bagaimana inilah taktik dari pada uangnya sayang begitu saja. hehe :D

Perjuangan untuk membuat surat pengantar magang kali ini pun sungguh amat ribet. Lebih enak waktu zaman dulu, surat pengantar magang, absensi ruangan semuanya diurus oleh Dosen paling baik yaitu Bu Suci. Nah, kali ini justru berbeda 360 derajat. Surat nya dipersulit (sih, errr), absensi ruangan dan jadwal magang pun disuruh kita yang benar-benar buat sendiri. Oow.. Jadi rindu Ibu Suci sih sebenarnya... Hmm,,

Perjuangan saya untuk sahur dan buka puasa di asrama juga memang luar biasa. Mulai dari masak di Kompor Listrik dan Masak di Magic Com (Cosmos).
Perjuangan saya untuk berangkat dinas yaitu harus berangkat se-pagi mungkin supaya ibu asrama dan teman-temannya belum datang ke asrama, jadi biar gak ketahuan. hehe :D
Dan juga saat pulang dinas pun sama. Pulang dinas pagi saya harus menghabiskan waktu di kampus supaya pas menuju asrama ibu asrama nya sudah pulang, jadi biar gak ketahuan, hehe :D
Sampai sampai pas pulang dinas pagi pertama kalinya, saya tak sengaja berpapasan dengan Ibu asrama. Dan disitu saya bingung pas ditanya tentang asrama. Akhirnya demi menjauhi asrama, saya bersembunyi dan diam dahulu sampai jam 4 sore di salah satu mesjid terdekat..  Hehehe, sungguh terlalu sekali yaa :D

Okke, mungkin cukup segitu kata-kata pengantar menuju curhatan saya.. Semoga banyak hikmah yang diambil..
 Langsung saja di blog ini saya akan sedikit bercerita saat praktik magang.. Check This Out  :D

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Selasa, 16 Juli 2013 : Dinas Pagi @Ruang Chodijah
Hari pertama magang dan telat datang ke ruangan gara-gara ngurusin dulu absensi ruangan teman-teman saya. Dan juga sempat bertemu salah satu dosen tercinta yang baik hati yaitu Pak Sandy. Di depan ruangan Rafe'i saya bertemu bapak dan sempat mengobrol tentang magang ini. Bapak sangat antusias terhadap kami dan bapak memberikan beberapa pesan, petuah untuk kami. Senang sekali rasanya bertemu dan berbincang-bincang dengan beliau karna Bapak adalah dosen yang sangat "care" dengan mahasiswa-mahasiswi nya .. Dosen yang LUARR biasa  :)

Setelah itu pun saya pergi ke ruangan Chodijah, disana saya bertemu Ibu Lies/Ka Lies (Kepala Ruangan Chodijah) dan beberapa perawat senior yang baik sekali. Ternyata Ibu-ibu nya masih mengingat saya dan hampir-hampir mereka sempat bilang sudah "bosan" bertemu saya. Hehe, ya ampun sampai segitunya ya Ibuu.. :o
Dan juga disana saya bertemu dengan kakak tingkat yang juga sedang praktik Profesi Ners-6  yaitu ada Teh Ana dan Teh Ama. Mereka adalah teteh tingkat yang sebelumnya sudah amat kenal juga. Disana kita sambil mengobrol dan bercerita tentang Praktik mereka.. Ehh, malah banyak ngobrolnya ya, hehe :D

Karena telat datang nya jadi kita tidak sempat mengobservasi. Beberapa jam kemudian ada tindakan Ganti Balutan Pasien dengan Post Appendictomy. Kita hanya observasi saja, dan ternyata Ibu nya di jahit dengan 10 jahitan, selang drain nya masih terpasang. Seperti biasa kalau untuk Ganti Balutan itu memerlukan satu set alat steril. 2 atau 3 Pinset, kassa, Larutan NaCl, Betadhin, Kom, Bengkok, Plester, dan Kresek untuk sampah.
Seperti biasa, balutan kassa yang kotor dilepas, kulit yang dijahit dibersihkan dengan kassa yang telah dibasahi NaCl, dikeringkan dengan kassa steril lalu ditutup kembali dengan kassa kering yang steril, plester deh, selesai .. :D

Selanjutnya ada ganti balutan lagi nih, Pasien dengan diagnosa Fraktur Femur dan Fraktur Tibia Dextra. Ibu ini dipasang ORIF (Open Reduction Internal Fixation), ini semacam alat dan intervensi untuk mengembalikan posisi tulang yang patah ke posisi yang semula. Waktu GB, bahkan tulang nya pun sampai terlihat dan ternyata terdapat push (nanah) di kaki kanannya.. Baru kali ini saya menyaksikan secara langsung bagaimana pasien dengan dipasang ORIF. Ternyata mengerikan, tapi tidak se-mengerikan yang dibayangkan. Jadi masih bisa ditahan syok terapi nya hehe :D

Setelah itu, kita bed-making seperti biasa. Lalu ada pemberian obat intra vena (IV) obat antibiotik (Cefixime).

Hari pertama magang masih belum sibuk, pasien sedikit dan mahasiswa nya juga yang cukup banyak. Hari pertama magang justru malah timbul rasa mengantuk, apalagi teman saya yang satu ini Mba Nunung. Hari pertama malah mengantuk saja, dan sampai-sampai sempat tertidur d kursi. Memang sudah terbiasa mba nunung itu..

Tak terasa  sudah mau waktu dzuhur. Dan waktunya membagi makan pasien. Kasihan pasien nya tidak ikut puasa berhubung sakit .. Hmm.. Dan lumayan ngiler juga pas membagikan makanan ke pasien, hehe :D

Setelah pembagian makanan, lanjut ke Observasi siang, mulai nensi pasien nih, sambil mengulang kembali skill untuk tindakan TTV dan juga sambil pendekatan kepada pasien.

Sebelum waktunya pulang, ada pasien dengan post stroke yang mau ganti pampers. Okke, saya dan erma pun membantu ibu untuk ganti pampers. Jadi ingat waktu pas praktik Komprehensif I, yang biasanya ganti pampers itu saya, teh fani, dan neng ithot.. Dan sekarang partnernya yaitu erma, gapapa lah yang penting gak sendiri ganti pampersnya hehe :D

Okee, mungkin cukup sekian cerita magang dihari pertama nya.. Baru sedikit sih tindakannya, karna yaa kita juga praktiknya barengan kakak tingkat yang profesi ners. Jadi aja lumayan cukup rebutan tindakannya, hehe..
See u besok dihari kedua pas magang yaa .. Bye  :)


--------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Rabu, 17Juli 2013 : Dinas Pagi @Ruang Chodijah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar