Assalamu'alaikum

Welcome to my blog .. Have fun and enjoy with my blog (^_^)

Kamis, 15 Desember 2011

Tips Terhindar dari Pembajakan Akun Facebook





Pengguna facebook yang kian bertambah membuat semakin besar saja situs web milik Mark Zuckerberg ini. Di Indonesia saja penggunanya sudah mencapai lebih dari 75 juta orang. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia sebagai pengguna Facebook terbanyak kedua setelah Amerika Serikat.
Pengguna Facebook  Indonesia diisi oleh beragam usia dan tingkat pendidikan, sehingga sangat rentan terjadi pembajakan, pencurian akun itu sendiri yang berimplikasi pada keamanan data dan privasi pemilik akun. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencegah pencurian dan pembajakan akun Facebook
Pertama, pastikan nama pengguna (user name) dan kata sandi (password) yang kita gunakan benar-benar aman. Jika terpaksa harus menggunakan pos-el (email) utama yang bisa kita gunakan untuk mendaftar di Facebook, gunakanlah kata sandi yang aman, tidak mudah ditebak oleh orang lain. Disarankan menggunakan kombinasi huruf dan angka, akan lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan simbol yang ada. Selain itu, lebih baik jika kita melakukan perubahan kata sandi secara berkala.
Kedua, ketika akan log in Facebook menggunakan peramban (browser) di komputer, pastikan URL atau alamat Facebook-nya benar, jangan sampai terjebak dalam situs tiposite. Tiposite merupakan situs palsu yang tampilannya dibuat seolah-olah seperti Facebook. Modus Tiposite biasanya meminta kita (user) untuk log in terlebih dahulu, dengan begitu nama pengguna dan kata sandi bisa disimpan dalam basis data tiposite. Setelah log in baru tiposite akan mengarahkan kita ke Facebook asli kita, sehingga kita sebagai korban tidak menyadari bahwa akun Facebook kita telah dicuri. Cara mudah untuk membedakan mana situs asli dan palsu hanya dengan melihat URL-nya. Pastikan alamatnya adalah www.facebook.com dengan diawali protokol “https” yang digunakan untuk mengenkripsi saat pengiriman data.
Ketiga, banyaknya aplikasi dan permainan yang menarik di Facebook membuat kita lupa bahwa semua itu bukan buatan Facebook melainkan pihak ketiga. Oleh karena itu, kita harus lebih selektif memilih aplikasi atau permainan yang akan di ikuti. Kuis-kuis yang menarik, aplikasi yang lucu-lucu membuat lupa bahwa kita akan memberikan data dan informasi kita kepada pembuat aplikasi tersebut. Hal lain yang harus di hindari mengklik URL aneh yang dikirimkan oleh teman-teman kita melalui jendela chatting ataupun pesan. Bisa jadi akun Facebook teman kita telah dibajak dan mencoba untuk membajak juga akun kita.
Keempat, jika mengunakan Facebook diluar komputer pribadi seperti di warnet atau internet corner, pastikan bahwa komputer yag kita gunakan aman. Aman tidaknya sebenarnya cukup sulit dilihat secara kasat mata, tetapi kita bisa berinternet di warnet langganan kita ataupun tempat yang biasa kita gunakan. Setelah menggunakan Facebook, jangan lupa  log out dan keluar dari Facebook. Akan sangat bermanfaat jika kita membersihkan data pribadi yang sebelumnya tersimpan di komputer, seperti yang bisa kita lakukan saat menggunakan Mozilla Firefox. Pilih menu “tools” kemudian “clear private data” . dengan demikian, orang setelah kita tidak akan melihat log  account yang pernah kita gunakan.
Kelima, keamanan pos-el sangat berkaitan erat dengan keamanan Facebook. Oleh karena itu, penggunaan pos-el juga harus benar-benar aman. Ketika pos-el terbajak maka akan sangat mudah membajak akun Facebook, semisal dengan mereset kata sandi kemudian log in. Namun, ketika Facebook terbajak bisa jadi pos-el masih aman dan kita bisa mereset ulang kata sandi jika pembajakan tidak mengubahnya.
Keenam, biasanya kita tidak hanya menggunakan komputer untuk mengakses Facebook, bisa juga dari gadget. Jika suatu gadget kita hilang, segeralah mengubah informasi akn facebook dan pos-el sehingga pos-el dan Facebook tetap aman.
Ketujuh, luangkan waktu untuk membaca-baca berita tentang perkembangan teknologi ataupun menonton tayangan yang membahas tentang teknologi, khususnya yang berhubugan dengan Facebook dan keamanannya. Dengan begitu, kita akan  mengimplementasikannya untuk menjaga dan mengamankan Facebook kita.
Jika akun Facebook terbajak, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamankan pos-el, barangkali masih bisa digunakan. Selanjutnya adalah melapor kepada Facebook dengan mengunjungi dan mengisi form di http:/www.facebook.com/help, dan yang terakhir tidak ada salahnya kita meminta bantuan teman yang bisa dipercaya dan mempunyai kemampuan teknis untuk mengembalikan akun Facebook kita sehingga kita tetap bisa ber-Facebook ria dengan aman..***  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar